Gembok-gembok ini adalah expresi dari harapan dan kemanusiaan, menghubungkan semua orang didunia dengan satu hal yang menyatukan kita semua, yaitu “CINTA”.

Koleksi gembok cinta ini dapat ditemukan dari Uruguay sampai Australia dan diantaranya. Beberapa bahkan sangat tidak indah dilihat….ūüôā

Mount Huang, China, adalah salah satu tempat yg terbaik didunia utk menggantungkan gembok cinta. Ribuan gembok ini tergantung oleh tourist2 dari berbagai belahan dunia. Nama  pasangan terukir pada gembok dan kuncinya dibuang ke jurang yg sangat dalam di Mt. Huang utk mengikat cinta dan harapan mereka di Mt. Huang selamanya.

 

Valentine’s Day biasanya mendorong naiknya jumlah Gembok Cinta di Cologne, Paris. Pasangan biasanya menggantungkan gembok di jembatan dan membuang kuncinya ke Sungai Rhines.

 

Salah satu yang unik di Firenze, ada beberapa tempat di mana terdapat gembok terkunci dipasang orang di daerah tertentu. Tepatnya dekat dengan Sungai Arno. Ada satu rantai besi penuh dengan kunci gembok bagaikan kalung gembok jadinya, ada juga yang dipasang orang di atas Jembatan Vecchio di pagar yang mengelilingi sebuah patung bersejarah.

Gembok besi menandakan kekalnya ikatan cinta sepasang manusia. Ada juga yang membuang gembok besi tersebut ke dalam Sungai Arno agar hubungan cinta mereka berjalan lancar. Beberapa gembok besi  ada yang terukir atas dua nama. Dan menurut penjual setempat, sebenarnya pemerintah sudah melarang orang untuk menempelkan gembok di rantai dan pagar sepanjang Sungai Arno, tapi peraturan ini tak digubris para pasangan yang sedang kasmaran.

Sebuah air mancur di Montevideo, Avenida 18 de Julio, beberapa blok dari plaza Independencia, dirancang khusus untuk Gembok Cinta.

Plakat dalam bahasa inggris yang dipasang didepan air mancur tersebut tertulis “Legenda dari air mancur keabadian mengatakan, jika gembok dengan initial pasangan yang jatuh cinta dipasang, mereka akan kembali lagi ke air mancur tersebut bersama dan cinta mereka akan terikat selamanya.

Gembok Cinta di Puntan dos amantes (two lover’s point)-Guam, biasanya dihiasi dengan nama pasangan dan tanggal jadi mereka. ¬†Beberapa pedagang local menjual tag plastic yang sangat murah dan lebih ¬†mudah untuk ditulis (Bayangkan tag itu juga mudah untuk dilepas atau tulisannya mudah hilang ‚Ķ)

Tempat jalan Via dell’ Amore di¬† Cinque Terre yang terbentang sepanjang ¬†desa Riomaggiore dan Manarola.

Ditengah-tengah kota Pecs di selatan Hungaria, para kekasih mengunci gembok mereka pada pagar besi tempa sebagai symbol komitment mereka satu sama lain. Sejak saat itu, ternd itu diteruskan ke tempat lainnya.

 

Gembok, yang sehari-hari merupakan alat pengaman gerbang rumah, di Seoul Tower, Nam-san, menjadi benda yang paling romantis. Di sekeliling pagar paviliun samping Seoul Tower yang berdiri kokoh di puncak Nam-san atau dalam bahasa Korea berarti Gunung Selatan, terpasang ratusan ribu gembok yang menandakan telah ada ratusan ribu pasangan pula yang mengikatkan cinta di sana. Muda-mudi yang memasang gembok di Nam-san tak tahu persis kapan mitos keabadian cinta itu bermula. Mereka hanya tahu, dulu ada seseorang yang menyatakan sebuah harapan di Nam-san dan ternyata tak berapa lama, harapan itu terkabul. Sejak saat itu, mulai banyak orang menyatakan harapannya di Nam-san.

   

Cerita dari mulut ke mulut membuat mitos keabadian cinta di Nam-san terus meluas. Nam- san pun kemudian menjadi tempat yang paling dituju kaum muda yang sedang jatuh cinta. Melalui gembok yang terkunci dan tak bisa dilepas lagi dari pagar, mereka berharap, cinta mereka tak akan terpisahkan lagi sepanjang zaman. Ah, romantis sekali.