Tahukah anda, berapa umur elang? Umur elang dapat mencapai 70 tahun.

Wow … luar biasa bagi ukuran unggas dapat mencapai usia sedemikian panjang.

Tetapi apakah anda tahu, bagaimana perjuangan si Elang untuk mencapai usia tersebut?

Inilah kisahnya: Elang dalam usia normalnya dapat mencapai 40 tahun. Pada usia inilah elang tersebut harus menentukan pilihan hidupnya, apakah ia mau hidup sampai mencapai usia 70 tahun ataukah tidak? Keputusan yang berat ini harus diambil, jika tidak maka usia elang tersebut akan berakhir di usia 40.

Sekali mengambil keputusan yang berat itu, maka ia tidak bisa kembali lagi. Hal tersebut terjadi karena pada usianya yang ke 40, paruhnya sudah terlalu panjang membengkok sehingga hampir menyentuh dada, mengakibatkan ia tidak dapat menangkap mangsanya. Kuku cakarnya yang menua dan rapuh, sehingga ia sulit mencengkeram mangsanya.

Belum lagi bulu-bulu tua yang makin gondrong dan panjang, sehingga karena beratnya, si elang tidak mampu lagi bermanuver dengan gesit dan anggun. Mangsanyapun dapat melarikan diri.

Keputusan yang diambil oleh si Elang membuat ia menderita selama lebih kurang lima bulan, proses menuju pada perubahan sangat menyakitkan. Proses ini mengharuskan si Elang terbang menuju puncak gunung yang tinggi, dimana tidak ada gangguan apapun.

Pertama-tama si Elang harus menghantamkan paruh bengkoknya berkali-kali pada dinding-dinding batu gunung sehingga paruh lamanya terlepas dari mulutnya.

Setelah paruh yang lama terlepas, si Elang harus berpuasa menahan lapar sambil menanti tumbuhnya paruh yang baru.

Proses berikutnya setelah paruh baru tumbuh adalah mencabut cakarnya yang menua dan menanti tumbuhnya cakar baru.

Proses terakhir yang harus dilakukan oleh si Elang adalah mencabuti bulu-bulunya satu persatu, dan yang pasti proses selama 5 bulan ini sangat menyakitkan bagi si Elang, tetapi dibalik proses yang menyakitkan itu, si Elang mampu untuk hidup 30 tahun lagi. (www.wikimu.com)