Febrina Ayu Scottiati – detikinet

Jakarta – Lebaran sebentar lagi, tradisi pulang kampung atau mudik pun biasa dilakukan. Tapi berhati-hatilah memposting status di Facebook atau Twitter ketika akan mudik, karena status Anda bisa mengundang pencuri menyatroni rumah!

Ya, memposting status tentang kegiatan dan kehidupan pribadi terkadang memang mengasyikkan, termasuk memberitahukan keberadaan Anda dengan fitur berbasis lokasi seperti Foursquare atau Facebook Places. Tapi sikap waspada tetaplah diperlukan karena jika lalai, status tersebut bisa mencelakakan Anda.

“Bahayanya mempublikasikan keberadaan Anda kepada orang lain adalah memberitahukan bahwa Anda sedang tidak berada di rumah. Apalagi jika Anda tetap menyalakan lampu rumah, itu semakin menegaskan kepergian Anda,” tulis situs PleaseRobMe.com.

Di Indonesia sendiri, seperti kita tahu pihak kepolisian rajin mewanti-wanti guna memastikan keamanan rumah setiap warga bila ditinggal mudik. Biasanya pesan tersebut diumumkan melalui spanduk atau selebaran.

Tak hanya di Indonesia yang memiliki tradisi mudik, di luar negeri, contohnya kepolisan Texas, Amerika Serikat (AS) juga mengingatkan warga untuk tidak memasang status tentang bepergian di situs jejaring sosial.

“Orang dapat melacak dan tahu Anda tidak di rumah. Sebaiknya tidak terus-menerus memberitahu orang lain tentang kepergian Anda,” ujar Letnan Polisi James Garrett seperti dilansir detikINET dari Caller, Senin (30/8/2010).

Garrett mengaku dirinya memang belum pernah menangani kasus yang melibatkan akun jejaring sosial sebagai penyebab terjadinya perampokan. Namun dia mengingatkan, selalu ada orang-orang yang memanfaatkan kebebasan berbagi informasi di internet untuk hal buruk.

Maka, demi keselamatan, bagi Anda yang berencana mudik atau meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama, ada baiknya mengikuti saran ini.