Sejarah Hidup

  • Kapan kamu mengetahui tentang…………..?
  • Siapa yang memberuikan informasi tentang……?
  • Apakakah kamu tertarik untuk masuk atau ada paksaan dari orang lain/orang tua.

MAKSUD

  • Membiasakan diri dengan sejumlah masa lalu sehingga makin mengenal dorongan-dorongan dean gerakan yang melatar belakangi seluruh tindakan
  • Kemudian mencintai diri sendiri lewat sejarah itu ; termasuk kelemahan dan luka-luka yang pernah dialami. de facto itu semua telah terjadi dan tidak mungkin diingkari karena mengingkari diri sendiri.
  • Sedikit demi sedikit mencoba menemukan karya dan peranan allah dalam hidupku. Dengan demikian saya semakin mengenal allah sebagai personal (berdasarkan pengalaman hidup, bukan hanya dari informasi dari kitab suci atau ajaran gereja/agama)
  • Akhirnya aku dapat mengalami keselamatan allah dalam sejarah hidupku. Sejarah keselamatan allah bukan hanya menjadi kata-kata yang umum tetapi sungguh mempunyai arti yang unik bagi diriku.

CARANYA

  • Pertama-tama dengan melihat dan menggunakan kembali kejadian-kejadian masa lalu tanpa mencoba menolaknya
  • Pengendapan dengan merasakan reaksi-reaksi yang muncul atas pengalaman itu
  1. Masa kanak-kanak/dalam keluarga

Saya lahir sebagai anak keberapa ? bagaimana keadaan ayah dan ibu ? sehat atau sakit sakitan ? umurnya berapa ? atau salah satunya sudah meninggal,

karena apa ? bagaimana hubungan orang tua dan anak dalam keluarga saya ? dengan siapa saya lebih dekat ? mengapa ? apa harapan mereka atas diri saya ?

Saudara kandung saya berapa ? berapa yang laki-laki? berapa yang perempuan ? dengan siapa saya merasa dekat ? mengapa ? apa harapan saudara-saudara terhadap

saya ? bagaimana sikap mereka terhadapku ?

Siapa yang menjadi teman dekat waktu kecil ? menjadi teman bermain ? teman lainnya rata-rata umurnya berapa ? kepada siapa saya merasa dekat ? jenis permainan apa yang sering dilakukan ? dalam bermain saya berperan apa ? pemimpin ? ikut saja ? bagaimana peranan keluartga saya didaerah itu ? cukup dihormati ? sering menjadi bahan pembicaraan ? pernag cekcok dengan tetangga ? sekarang bagaimana ?

Bagaiman keadaan rumah ? bentuknya ? perabot yang ada ? kamar-kamar yang ditakuti karena apa ? ada halamannya ? kebun ? pernah menjadi bencana alam ? sepi ? ramai ? terkenal sebagai apa ? ciri khasnya apa, adatnya yang unik ? bagaimana reaksi orang lain kalau mendengar nama desa/kampung/kota saya ? ada tempat rekreasi, tempat olah raga ?

  1. Masa sekolah

Dalam seluruh pendidikan (TK,SD,SMP,SMA) bagaimana hubungan saya dengan kawan-kawan sekolah dengan guru-guru dan bagaimana prestasi akademis saya pada umumnya ? apakah selama sekolah ada kesulitan emosional yang tejadi ; stess, sedih, murung, marah, menyadari, menutup diri ? apakah yang membuat senang atau tidak senang dari pribadi guru-guru, kawan-kawan ? sekkolah macam apa yang saya senangi ? mengapa ? sekolah dengan biaya siapa ? adakah mengikuti kegiatan sekolah ; camping, study tour, pramuka, olah raga, dll ? ada kesaqn tertentu ? disukai ? dibenci ?mengapa ? ada kesan  tertentu ?

Pendidikan seksual yang diterima dari siapa ? kapan mimpi basah yang pertama dan bagaimana reaksi serta perasaan saya waktu itu ? apakah memang siap untuk menghadapi perubahan seksual seperti itu ? masturbasi pernah ? berapa lama ? bagaiman frekuensinya  menjadi kebiasaan atau tidak ? apa dirasa sebagai masalah ? merasa salah ? apakah biasanya berhubungan dengan fantasi atau perasaan tertentu untuk mendorong untuk melakukan ? apakah berhubungan dengan pengalaman khusus dengan lawan jenis ? pacaran pernah ? tidak pernah ? tertarik berpacaran dan kencan dengan lawan  jenis ? kalau tidak pernah apa alasannya ? apakah tertarik dengan lawan jenis ? berciuman, bercumbu, bersetubuh

  1. Kehidupan Menggereja

Kapan saya dibaptis (bagi yang katolik) ? kegiatan agama yang saya ikuti ; bagaimana keterlibatan anda ? menjadi anggota biasa, pengurus atau ketua ? itu semua mempunyai pengaruh dalam hidup saya ? bagaimana tanggapan orang  tua terhadap keterlibatan sayua  disitu ? mendukung ? menghalangi ? sikap saya terhadap orang tua seperti itu ?  tanggapan pimpinan agama/pastor terhadap keterlibatan saya.

  1. Kepribadian

Gambaran diri saya macam apa menurut saya sendiri ? apa ada yang disenangi atau dibenci ? mengapa ?

Emosi : pernaah merasa stress, sedih, murung, kesepian, depresi ? mengapa dan tentang apa ? apa  yang dibuat untuk mengatasinya ? pernah benar-benar merasa kesepian dalam hidup ? pernah menyesal atas sesuatu yang berat ? pernah marah besar ? kenapa ? pernah iri hati dan benci, kenapa ? bagaimana biasanya dihadapi ?

Ideal diri : bagaimana perasaan dan kesan tentang diri sendiri ? bagaimana orang lain merasda dan menilai saya ? adakah tantangan dan saingan dalam hidup saya ? apakah hidup mengalir saja ?

Kesehatan : bagaimana biasanya nafsu makan ? tidur ? pernah sakit keras ? keluhan tentang kesehatan yang saya alami ?

Hidup rohani : babgaimana dan mengapa  berdoa ? apakh hidup religius sesuai dengan harapan saya ? kehidupan doa dan rohani sungguh dihayati atau sekedar rutin dan kewajiban belaka ? manakah teks kitab suci yang paling saya gemari dan mengapa ? sejauh mana teks kitab suci mempengaruhi hidup saya ?

Hidup batin : apakah saya memiliki kekhawartiran atau ketakutan yanbg mendalam ? apakah saya melihat masa depan optimis ? cerah atau suram ? mengapa ? apakah pikiran-pikiran menyita sebagian besar waktu saya ? selalu muncul.

Adakah keprihatinan yang selalu menjadi perhatian saya ? tentang apa ? mengapa ? apa reaksi saya bila mengalami kegagalan atau keberhasilan ? adakah yang menjadi kerinduan saya selama ini ? apakah itu ? apakah saya hidup dengan nilai-nilai tertentu atau asal jalan saja ?

Adakah pengalaman yang dahsyat dan begitu mengguncangkan ? kegelisahan terus menerus karena apa ? kegembiraan yang meluap, sentuhan kasih yang begitu mengesankan ? bakat-bakat yang selama  ini saya kembangkan apa saja ? yang belum saya kembangkan ? mengapa ?

Titik tolak untuk menulis sjarah hidup bukan apa yang sebanarnaya tetapi apa yang kualami secara nyata